Monday, May 16, 2011

Rahasia Langsing Dan Sehat ala Perancis

Berbicara tentang diet, mungkin gaya hidup orang Perancis adalah paradoks yang paling besar. Mereka mengkonsumsi red wine secara regular dan mengkonsumsi makanan berlemak tinggi namun jumlah penderita serangan jantung di Perancis adalah yang paling rendah di Eropa. Penderita obesitas di Perancis juga hanya sekitar 7% dari jumlah populasi dibandingkan dengan Inggris yang memiliki kasus obesitas yang mencengangkan, sekitar 23%.
Pertanyaannya adalah, bagaimana orang Perancis bisa melakukan ini?
Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang Perancis selalu makan dalam jumlah yang sedikit dalam interval yang teratur, mengkombinasikan makanan berlemak dengan sejumlah makanan segar serta rajin berolah raga. Selain itu mereka juga selalu sarapan pagi dan tertib dalam pola makannnya.
"Pendekatan orang Perancis adalah kualitas, bukan kuantitas", jelas ahli nutrisi Lyndel Constain pada Daily Mail. "Mereka memakan makanan berlemak tinggi, tapi dalam porsi yang kecil, jarang memakan kudapan serta mengkonsumsi kombinasi lemak yang sehat dan aman untuk jantung dalam bentuk minyak tak jenuh dan kacang-kacangan. Pola makan orang Perancis sangat kaya dengan buah segar dan sayur-mayur, makanan berserat dan nutrisi yang beraneka ragam", tambahnya. Rahasia lainnya adalah pada ketatnya mereka mengatur porsi makanan. "Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan rata-rata porsi makan orang Perancis 25 persen lebih sedikit disbanding porsi orang Amerika, serta mereka menghabiskan makanannya perlahan-lahan. Orang Perancis juga jauh lebih aktif dalam kesehariannya, sehingga menjaga keseimbangan kalori mereka dengan baik", lanjut Lyndel.
Di bawah ini sebuah pola makan yang mendasar dalam 3 hari yang mengkombinasikan prinsip-prinsip yang dijelaskan diatas. Tapi ini bukanlah sebuah program diet, melainkan lebih kepada sebuah selera makan gaya Perancis. Kombinasikan dengan minimal 1 jam latihan dalam sehari (berenang atau jogging), satu jam setengah aerobic dan hiking secara teratur setiap akhir minggu untuk memberikan hasil yang lebih memuaskan.
Day one
Breakfast
Organic home-made yogurt, granola (combination of rolled oats, nuts, seeds, honey, rice and dried fruit), fresh chopped fruit, coffee (no sugar)
Lunch
Vegetable soup, smoked chicken, goat's cheese and walnut salad, yogurt, honey and strawberries
Dinner
Fresh vegetable salad, veal shanks sprinkled with parsley, garlic and lemon juice, two small glasses of red wine
Day 2
Breakfast
Yogurt, granola, fruit, coffee, water
Lunch
Aubergine soup, Thai chicken and noodles with peanuts and bean sprouts, slice of pineapple
Dinner
Green salad, chicken casserole with vegetables, yogurt and strawberries
Day 3
Breakfast
Yogurt, granola, fruit, coffee, water
Lunch
Vegetable soup, green salad, grapes
Dinner
Green salad, spicy fish in tomato soup, beef curry with organic basmati rice
Source of article

Adsense Indonesia

0 comments :

Post a Comment

BEFORE LEAVING THIS PAGE PLEASE take a moment FILL IN COMMENTS BOX